9/01/2008

my beloved cat, aming

flashback ke tahun 2005 nih..
cat:a small domesticated carnivore, Felis domestica or F. catus, bred in a number of varieties.


itulah definisi kucing menurut kamus.

dulu gw punya kucing, namanya AMING, jauh sebelum ada pelawak yg bernama aming. si aming adalah seekor kucing blasteran "village(kampung)-anggora" berwarna kuning putih. awalnya si aming dateng ke rumah gw warnanya abu2.. yaiyalah secara baru lahir gitu..*hoek ibunya aming emang jahat. ninggalin aming depan rumah gw. barangkali si aming waktu dateng umurnya 1 ato 2 hari kali ya. karena kasian yaudah di urus deh sama gw, nyokap dan ade gw.

aming pun tumbuh tanpa ASI, dia minum susu ultra dan makan roti. (gaya ey) pas udah gede, dia tumbuh layaknya kucing jantan kampung biasa. berlari lari berguling guling dan berkejaran dgn teman s
ebayanya. gengnya si aming tuh ada 3 ekor kucing, aming, bleki (karena item), dan coki(karena coklat). dari aming umur 1 bulan juga si bleki ama coki sering maen ke rumah. minta makan dan lain2. tapi yang gw heran, mreka kalo main tuh ya di rumah aja. aming juga kalo jalan2 paling cuma ampe depan rumah..

oiya, Aming udah kaya anak sndiri buat nyokap gw. di rumah gw kan ada pabrik roti homemade gitu, kalo nyokap gw lagi pr
oduksi, pagi2 si aming tu diem di depan dapur. ngga masuk ke dalem, padahal yang namanya wangi macem2 roti, kue, sandwich, bahkan puff tuna favorit gw, kecium ampe mana2. aming setia nunggu nyokap gw beres kerja sambil berjemur di bawah sinar matahari pagi. terus waktunya makan siang, dimana meja makan gw udah full ama makanan, aming sama skali ngga ngelirik meja makan, dia tau kalo nyuri makanan apalagi naek ke meja makan tuh ga baik (ciee). padahal bleki dan coki sering ngeliatin meja makan.. aming tau, dia udah punya tempat makanan sendiri..

kucing soleh.
gw kangen...

huuft
oiya, aming termasuk kucing yang rajin bangun pagi. tiap jam setengah 6 pagi, dia ngedatengin kamar gw dan ade gw di lantai atas. mengeong2 ngebangunin kita.. rutin, ga pernah kelewat satu hari pun.. kalo malem, dia layaknya anjing penjaga aja. jaga rumah. dia ga pernah macem2 ngotorin rumah. aming tuh bersih banget lo. wong mandi 2hari skali. =)) gw inget ekspresi dia setiap mandi. ketakutannya, tapi dia diem, ga berontak. trus pas di keringin pake hairdryer dan disisir, dia nampak asik2 aja. enjoy berat kena angin anget2 gitu.. lucu ya si aming.. :)

ketika aming uda mulai besar, hampir 1 taun lah. dia mulai genit, suka pdkt ama kucing tetangga gw. tetang
ga gw, bu ris, koleksi kucing banyaaak bgt. ada 5 ekor lebih yang diem di rumahnya, belum lagi yang liar-liar. aming kayaknya naksir ama seekor kucing betina muda berwarna putih.. kalo siang-siang gw pulang sekolah, aming suka menggeliat2 ke kaki gw, terus guling2 di lantai.. ni kucing kayanya mulai bergairah.. hhaha lama-lama dia suka nginep di rumah bu ris, ngga pulang. tapi ya dibiarin aja, masa iya sih ngelarang kucing nginep di rumah temennya. haha dasar aming. bikin sensasi aja. seiring dengan berkembangnya aming menjadi kucing pejantan dewasa, dia makin nakal.. kadang pagi ga ada yang ngebangunin gw karena aming nginep di rumah bu ris. mungkin karena di rumah bu ris ada bleki dan coki, terutama ada si putih pujaan hati aming.. meskipun gitu, dia ga pernah lupa sama keluarganya sendiri. dia masi tetep nemenin nyokap gw kerja dan main sama gw dan ade gw sepulang sekolah..

suatu hari, gw pulang sekolah. aming ga ada di rumah.. sampe sore dia ga pulang. gw pikir mungkin dia ada di rumah bu ris karena aming ga mungkin main jauh2. gw tanya bu ris, ternyata aming ga ada di rumahnya.. gw pikir, mungkin kali ini dia main agak jauh.. sampe malem pun aming ga pulang-pulang.. begitu juga coki dan bleki ngga keliatan sama sekali..


besok paginya, gw bangun seperti biasa. buka jendela biar udara segar masuk.. tapi ternyata yang gw hirup bukan udara segar, melainkan bau bangkai yang cukup menyengat. lalu gw pun ke halaman belakang gw untuk nyari sumber bau itu. halaman belakang rumah gw cukup luas dan spooky. sambil menahan rasa takut karena waktu itu kalo ga salah m
asih gelap, subuh2 sekitar jam 5an..

alangkah kagetnya gw, ketika sumber bau itu berhasil ketemu. ternyata bau itu bersumber dari seekor kucing yang tak lain adalah coki, sahabat aming.. gw shock bukan main, coki dipanggil Tuhan untuk selama-lamanya di halaman rumah gw. di sebelah coki, ada mayat seekor kadal berwarna oranye, tinggal kepalanya aja. badannya udah hilang ga tau kemana. dengan sedih, gw pun meminta orang di rumah untuk menguburkan coki, karena gw harus pergi ke sekolah.

hari itu hari sabtu, 19 desember 2005.
sekolah cuma setengah hari, gw pun pul
ang ke rumah sekitar jam 11 pagi. sesampainya di rumah, ternyata aming yang selama ini dicari-cari, akhirnya pulang ke rumah. tapi, ada yang beda dari aming. dia ga bergairah, lemah. dikasi minum susu ultra kesukaannya, dia juga ga mau. lalu karena rasa kangen kita sama aming, kita elus-elus dan sayang-sayang aming. tiba-tiba aming terbatuk-batuk. muntah, mengeluarkan cairan berwarna kuning. gw dan ade gw kaget, langsung ngasitau nyokap gw.

nyokap gw dengan bergegas, membawa aming ke dokter hewan terdekat.. dokter Tari, seorang dokter hewan muda, menangani ami
ng dengan segera. karena aming ga berhenti-berhenti muntah, dia diberi infus. gimana ga sedih. gw, ade gw dan terutama nyokap gw, menatap aming dan mendoakan aming agar sehat kembali. akhirnya aming pun membaik dan boleh di bawa pulang. kamipun pulang dengan membawa aming yang masih lemah.
ternyata aming belum membaik. di rumah dia muntah-muntah lagi. nyokap gw menelepon dokte Tari. dokter Tari pun datang ke rumah membawa peralatan seadanya.

gw masih ingat, tatapan terakhir aming.. denga
n mulut sedikit terbuka, dia menatap kami dengan penuh rasa sakit. kayanya dia tau kalo ini adalah saat-saat terakhirnya..
nyokap gw udah menitikkan air mata. gw juga. ade gw juga. bokap gw duduk di belakang, ikut mendoakan aming. bokap gw juga deket sama aming. aming suka ngeliatin bokap gw cuci mobil kalo hari minggu. tapi sekarang. aming udah ga berenershi *energi.

ya. tatapan terakhir itu mulai melemah, mata aming perlahan tertutup. ia terbatuk lagi. terdengar suara mengeong yang sangat lemah. dan itulah saat terakhirnya. aming, si kucing pejantan soleh pergi meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya. aming meninggal karena makan kadal berracun, sama seperti yang dimakan coki.
nyokap gw adalah yang paling sedih saat itu, karena sehari-hari beliau banyak menghabiskan waktu bersama aming.

setelah menggali kuburan, kam
i langsung memakamkan aming di bawah pohon durian, agak jauh dari makam coki. saat itu adalah saat yang tak pernah bakal bisa gw lupa. saat terakhir gw melihat dan mengelus aming, alarm gw di pagi hari, saat gw menguburkan aming. menutup kuburannya dengan tanah. dan suara tangisan nyokap gw. ga bisa gw jelasin dengan baik. saat itu bener-bener emosional.

ya, sekarang taun 2008.
kalo aming masih hidup mungkin dia udah jadi kakek-kakek. haha.
ming, mudah2an kamu baik-baik disa
na ya.. kita semua kangen kamu. =)
kita ga akan pernah lupa sama kamu.



we'll always love u, ming

3 komentar:

Mas Hery mengatakan...

ceritanya mengharu biru gitu.
ga ada niatan buat adopsi tora atau ronald buat penggantinya nih?

farika mengatakan...

huhuhu...sedih banget, jadi inget aming yang lucu....beneran nangis lho! so loooong amingawanto kucingku yang lucu....

zee mengatakan...

hampir mirip ma kisah kucing ku, tp kucing ku nama na "CIMONG"